PEMASARAN JABON

Pohon Jabon (Anthocepallus cadamba) merupakan jenis pohon cepat tumbuh yang saat ini sedang banyak dikembangkan. Sebut saja Jawa Barat, Jawa Timur, dan sebagian kecil Jawa Tengah sedang gencar memproduksi tanaman tersebut karena potensi yang begitu besar dari tanaman tersebut. namun beberapa daerah di Jawa Tengah masih enggan mencoba tanaman ini,seperti tegal, pekalongan, dan pemalang. beberapa daerah ini hanya ditemukan satu tempat persemaian yang menyediakan Jabon, itu pun merupakan perusahaan Negara atau PTPN di sekitar randu dongkal.
Sebagian besar petani masih merasa enggan menanam tanaman ini karena belum mengetahui perawatan dan pengelolaannya, serta yang paling penting pemasaran ketika tanaman tersebut siap panen.
Pemasaran memang terlihat sulit bagi beberapa petani yang belum mengetahui secara penuh tentang pohon ini.
Dari survey yang saya lakukan di beberapa kota dan desa di Jawa Tengah, selain bibit yang mahal, masalah pemasaran masih dianggap sesuatu yang paling penting yang menjadi alasan mengapa petani tidak menanam pohon Jabon.
oleh karena itu, kami mengevaluasi permasalahan tersebut dan menemukan beberapa pemecahan masalah terkait masalah tersebut. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Tempat Penampungan Kayu (TPK)
di Jawa Tengah, terdapat beberapa TPK resmi yang dikelola oleh Dept. Kehutanan yang telah siap menerima kayu Jabon yang memiliki kepemilikan yang benar. sebagai contoh TPK di daerah Pemalang dapat menjadi salah satu tempat pemasaran kayu-kayu tersebut, dan akan memberikan harga yang sesuai dengan yang berlaku di pasaran. untuk saat ini yaitu sekitar 900rb-1,2jt per m3.
2. Perusahaan Tripleks dan meubel
di Jawa, banyak tersebar perusahaan-perusahaan tripleks, kayu, dan meubel yang menampung penjualan kayu-kayu sengon, setelah kami survey, ada beberapa perusahaan yang sudah mau menampung penjualan kayu jabon, seperti perusahaan tripleks di Semarang, Cirebon,Sukabumi dan Cianjur.
3. Perusahaan kertas
Pemasaran kayu jabon memang dapat mencapai umur optimal 7-8 tahun, namun apabila anda membutuhkan uang dalam waktu dekat, pohon dengan umur 2-3 tahun pun dapat dipanen, pastinya dengan ukuran dan harga yang relatif jauh lebih kecil. cara ini sangat tidak dianjurkan oleh penulis, namun apabila dalam keadaan mendesak, anda dapat memasarkan pohon tersebut di beberapa perusahaan kertas. pastinya harga yang didapat jauh lebih kecil dari harga dengan umur optimal. namun dikembalikan kepada anda, anda yang menentukan kapan akan dipanen.

dengan beberapa solusi tersebut, kami harap anda mendapat gambaran yang lebih luas tentang jabon, terutama pemasaran. anda tidak perlu takut maupun ragu untuk menanam tanaman jabon karena sebagian besar perusahaan yang mengerti jabon akan siap dan bersedia untuk menampung kayu anda.

sekian dari kami, kami menerima saran dan kritik anda. tulisan ini hanya wacana dan informasi yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi anda.
terima kasih

About these ads

145 thoughts on “PEMASARAN JABON

  1. kami telah bekerjasama dengan pt sekawan sumber sejahtera siap menampung kayu jabon,minimal setara sengon.

    jabon-kendal.blogspot.com

  2. Dear Pak.Idham

    Bagaimana soal legalitasnya,contohnya saat menanam apakah diperlukan ijin budidaya atau ijin tanam atau melapor ke dinas tertentu dan sebagainya, saat akan dipanen ijin apakah aja yg diperlukan dan bagaimana alur pengurusannya,apakah sudah sgt jelas kalau saat pengangkutannya tidak ditangkap. mohon pencerahan bapak idham.

    salam dan terimakasih.

    • pak asen, menanam jabon tidak sesulit menanam jati, karena tanaman jabon sendiri merupakan salah satu komoditas yang mudah dicari, baik dari jenis kayu yang hampir sama dengan sengon.jika bapak berminat untuk menanam jabon, bapak tidak perlu takut untuk masalah pemasarannya, karena banyak orang yang mau menampung. jika bapak mempunyai kobun jabon luas lebih dari 10ha, kami bisa membantu bapak untuk memasarkan di pabrik furnitur..terima kasih

  3. Kami sudah menanam 1000 pohon luar biasa pertumbuhannya dalam waktu 2 bulan 3 minggu tinggi pohon mencapai 1,5 meter

  4. Teman-teman sejawat

    Saya ingin berbagi pengalaman.
    Saya telah menanam Jabon dari bibit tinggi batang 20 Cm akhir Maret 2010 dengan jarak 3 x 2 mtr sebanyak 1700 batang. Sekarang (pertengahan Juni 2010) tinggi pohon antara 50 – 100 Cm dengan daun yang sangat lebar dan hijau. Penyulaman dari bibit yang gagal (kurus / mati) sekitar 3% yang berasal dari bibit yang sengaja saya beli lebih pada saat penanaman. Hasil penyulaman ternyata tidak sebagus hasil penanaman awal. Ini membuktikan bahwa penanaman bibit yang sudah besar tidak sebagus bibit yang kecil.
    Hama yang saya hadapi adalah URET walaupun waktu penanaman lubangnya sudah diberi Puradan. Sekarang sedang dicoba memasukan Puradan sebanyak 1 SMK pada kedalaman 10 cm dengan jarak 10 cm dari batang.
    Sayapun sedang mempersiapkan tanaman Jagung Manis sebagai tanaman sela dan pemberian pupuk kandang ayam potong yang diberi EM-4.
    Mohon komentar dan saran rekan-rekan untuk berbagi pengalaman, terima kasih

    • bibit bpk termasuk bibit yang baik, namun saat penyulaman sebaiknya bapak memperhatikan faktor kematian tanaman awal, agar bpk dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam penyulaman tanaman selanjutnya. pemberian pupuk juga penting, tentunya dengan jarak waktu sekitar 1 minggu sebelum penanaman.
      uret merupakan hama utama bagi permasalahan jabon saat ini. oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan pemberian fudaran/ diazinon secara rutin dan melakukanb pendangiran, agar keberadaan uret dapat diminimalisasikan.
      kami belum pernah mencoba tumpangsari dengan jagung. namun dianjurkan penanaman tersebut setelah berumur sekitar minimal 6 bulan, sehingga tanaman sudah cukup optimal dalam mendapatkan hara.
      sekian yang dapat kami tanggapi, semoga bermanfaat.
      terima kasih

  5. saya pebisnis yang baru akan terjun ke penanaman pohon jabon saya mau menanam dilahan satu h, di Pemalang, Jateng berapa jarak yang ideal untuk penanaman? mohon info bibit ? karena di Jateng masih relatif mahal

    • harga tanaman jabon di jawa barat saat ini berkisar antara 1500-2500, sedangkan di jawa tengah berkisar 1000-2000 tergantung jumlah dan kualitas pohon.
      kami memberi beberapa tips untuk memilih pohon jabon yang baik untuk penanaman.
      1. pilih tanaman dengan tinggi 30-60 cm saja, karena semakin tinggi tanaman itu semakin lama daya stress di lapangan dan rentan rubuh oleh angin karena perakaran yang tidak kuat.
      2. pastikan batang tanaman mulus dan bukan merupakan bekas stek, karena jika bekas stek maka akan lebih susah untuk beradaptasi di lapang.
      3. pastikan daun tanaman hijau segar dantidak terkena penyakit.
      4. pastikan akar tidfak menembus plastik polibag karena akan sulit untuk beradaptasi di lapang.

      jarak ideal tanaman adalah 3×3 m, agar pertumbuhan tinggi dan lebar batang stabil.
      untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi kami via email maupun telepon.
      semoga bermanfaat.
      terima kasih

  6. saya punya tanah 3 ha kurang, rencana mau tanam jabon merah. Saya mau tanya, apa beda secara fisik bibit jabon merah dan biasa? karena menurut saya, sertifikat tidak menjamin 100% bibit bagus/asli. kira2, berapa harga bibit jabon merah tinggi 30-50 cm? apakah bapak punya cabang perusahaan untuk lampung? mohon panduan dan bahan2nya tentang jabon (merah). terima kasih

    • Untuk saat ini kami sedang mencoba membudidayakan jabon merah pak, namun mohon maaf karena belum ada literatur yang bisa kami bagikan karena belum memiliki dasar yang kuat,,semoga secepatnya ada informasi yang dapat kami bagi kepada anda.
      terima kasih

  7. kami menayakan Saat ini masih stabil harga kayu jabon prediksi cenderung naik lantas pada panen yang bersamaan sekian kubik jabon ….>>>>apakah terpikir pemasaran ..ada pingpong harga..dan perusahaan mana yang jamin stabil harga beli perkubiknya.terimakash

    • untuk prediksi tersebut belum kami perhitungkan, namun hal itu bisa terjadi, seperti halnya kondisi sengon saat ini. namun segala sesuatunya bergantung pada pemasaran yang dituju. selama ini harga yang digunakan adalah harga standar pabrik, dengan diameter yang optimal, namun sering terjadi berbagai masalah dan faktor-faktor yang membuat jabon tidak tumbuh sesuai harapan, sehingga harga yang didapat pun tidak optimal. namun jika anda memiliki lahan yang cukup luas dan pemasaran ke pabrik, kami bisa menjamin harga akan stabil, karena standar perusahaan tidak dapat dicapai oleh seluruh petani tanaman kehutanan karena tujuannya sering untuk ekspor, sehingga ini tantangan bagi kita untuk dapat memasarkan ke perusahaan dengan harga yang sesuai harapan.
      sekian, terima kasih

  8. saya tanam kayu jabon dan mahoni di lahan 3 hektar ,kira kira setelah 5 tahun kemana saya jual,apakah ada pemasok kayu yang dimana nantinya saya bisa jual kayu kayu ini ? mohon informasinya,

    • Kayu jabon pada dasarnya sama dengan kayu cepat tumbuh lainnya, penjualannya pun tidak perlu dikhawatirkan pak, apalagi semakin tahun, kebutuhan manusia akan komoditas ini akan semaki nmeningkat, sehingga pemasarannya pun tidak terlalu rumit. namun memang terdapat beberapa perbedaan ketika kita menjual log tersebut langsung ke pabrik dengan melalui penebang kayu, perbedaannya pun cukup signifikan, harga pabrik lebih besar sekitar 200% dari harga pasar biasa. namun karena keperluan pabrik sering untuk diekspor, maka persyaratannya pun begitu banyak, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah luas minimum lahan dan diameter batang, serta kualitas lahan. oleh karena itu, sran dari kami apabila bapak ingin memasarkan kepada pihak pabrik, sebaiknya bapak bekerjasama dengan beberapa penanam kayu di daerah sekitar untuk memperluas jumlah total lahan dan mempermudah kordinasi pemasaran.
      Untuk saat ini kami belum dapat memberikan rekomendaisi kepada bapak tentang pabrik ysang dapat dituju di daerah bapak, akan segera kami cari tahu.
      sekian dulu, terima kasih

      • untuk di bali, kami belum pernah mendengar untuk budidaya pembibitan maupun penanaman. jadi mohon maaf belum bisa membantu mengarahkan.
        tapi jika batah berminat, kita bisa menjalin kerjasama untuk membudidayakan jabon di daerah bali mengingat budidaya jabon ini akan tetap marak hingga 5 tahun ke depan.
        terima kasih.

  9. wah ini yang aku suka, sekarang sudah banyak para pengusaha atau generasi muda yang tertarik terhadap tanam, menanam itu merupakan suatu langkah yang sangat berarti untuk menyelamatkan bumi kita dan hobi atau kegemaran tanam menanam itu merupakan investasi, mari kita teruskan hobi kita untuk menanam pohon apa saja yang sekira hasilnya dapat kita petik.

    Saya sangat berterimakasih kepada bapak2 atau saudara2 yang sudah memberikan ilmunya disini. muhadi,rajapolah,tasikmalaya

    • Saat ini perhatian masyarakat terhadap sektor pertanian, kehutanan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengolaha hasil bumi masih sangat diminati, justru di sini tantangannya pak, bagaimana kita sebagai pelaku pertanian dapat bekerja sama dan gotong royong untuk meningkatan hasil bumi kita secara optimal sehingga predikat indonesia sebagari negara agraris dapat tumbuh kembali, bahkan kali ini dengan predikat agraris modern.

  10. saya memiliki lahan lebih 10ha, tetapi gambut kisaran 1-2 meter, apakah ada kemungkinan untuk bisa ditanami jabon, bagaimana teknik dan perawatannya dan apa saja kendalanya serta solusinya? Mohon Informasinya. Terima kasih.

  11. saya sependapat dengan greentropicalforest, bahwa saat ini pelaku pertanian masih banyak yang berjalan sendiri2 untuk menentukan sikap dan saat ini saya belum tahu solusinya.

  12. masukan untuk pak harisono tentang pemasaran jabon, coba hubungi ke pabrik triplek di kawasan tasikmalaya tepatnya di wilayah babakan jawa atau seputar perbatasan kota tasikmalaya dengan kec. rajapolah.

    • umur jabon minimal berapa tahun? diameter berapa? dan tinggi berapa? kira2 yang sudah laku dijual, saya menanam 700 pohon dan lokasi di cirebon utara nanti untuk biaya tebang dan lain-lain siapa yang nanggung, makasi

  13. Kami adalah kelompok pemuda WANAGIRI KAUH, Selemadek Tabanan Bali, mengajak semua elemen masyarakat di bali khususnya untuk menanam pohon bagi kesejahteraan masa depan kita bersama sambil ikut serta meminimalisasikan Global Warming yang saat ini sudah kita rasakan panasnya.
    Wanagiri Kauh comunities tergerak untuk berinvestasi jangka panjang dengan menanam tanaman kayu industri seperti (Albesia,Jempinis,Mahoni,Jabon,Jati solomon,) untuk keperluan kita bersama yang ada dibali pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.Mari kita laksanakan dan turut berpartisipasi dalam gerakan One man One Tree yang di galakkan pemerintah atau lembaga Peduli Lingkungan.
    Jika para pembaca ingin menghubungi kami bisa mengirim email ke:
    ekobaliwood@yahoo.com

    Dan kami mohon petunjuk dari Rekan rekan yang mengetahui cara pemasaran hasil kami dalam 3 tahun mendatang karena pohon yang kami tanam -/+ 50.000 pohon yang mudah mudahan bisa di panen tahun 2013 nantinya…amien.

  14. Saya mau menanam jabon di daerah purbalingga lahan sedang di persiapkan ,mungkin bulan depan mulai di tanam . Kalau untuk wilayah purbalingga pemasaran kayu jabon terdekat di mana ya ? mohon informasinya yg lengkap

    tks

  15. saya di riau. masih awam dalam hal pertanian/perkebunan. membaca tulisan ini sngat menarik dan menimbulkan minat bagi saya. termikasih pak idham atas tulisannya. pertanyaan saya a.l. :
    1. brp Ha minimal diperoleh kelayakan utk menanam jabon.
    2. bagaimana dg (simulasi) cash flow-nya.
    Tks

  16. Bapak bapak mohon tanya untuk wilayah cirebon apakah ada pabrik triplek dan mana yang lebih baik bagi pemilik jabon menjual dengan berdasarkan harga kayu dalam bentuk pohon hidup atau menebang, mengangkut dan menjual kepabrik dalam bentuk kubikasi.terimakasih

  17. bapak2,saya mau menanyakan masalah utama jabon yang biasa disebut uret..apa kah ciri2 tanaman jabon yang sudah terkontaminasi oleh uret??sebab setahu saya uret itu adanya pada akar..apakah untuk mengetahuinya saya harus menggali sedikit tanah yang berada dibawah jabon tersebut??mohon informasinya bapak2..terima kasih..

  18. pak kuswanda, yang lebih baik semuanya juga baik, bila bapak menjual pohon tegakan bapak tidak perlu biaya eksploitasi sedangkan bila bapak menjual kubikasi bpk tdk mengeluarkan biaya eksploitasi. Saya siap menampung Kayu bpk, Tk. 085222512634

  19. Saya ada 30 ribu pohon sengon, umur 3-4 tahun, diameter batang sktr 15 cm, tinggi batang sktr 6 m, lokasi di Bogor.
    Saya tawarkan Rp.300 ribu per pohon ( tebang sendiri ), bisa titip tanaman maksimal 1 tahun ( pembayaran tetap dimuka ).
    Hub saya di 08161 407 704 atau email viva.aditya@live.com

  20. Mengenai ijin pengiriman kayu bagaimana? Kalau kayunya berasal dari daerah Bali dan NTB, jabonya harus melewati kapal laut. Saya dengar harus punya surat2 tertentu untuk perijinannya.

    Dan jika dikirim ke perusahan2 kertas, apakah ada jumlah minimal yg diminta? Misal hanya berkisar 1000 pohon.

    Terima kasih

    • pasti pak, untuk kayu yang diperjualbelikan harus memiliki surat-surat yang jelas, mengenai ijin penanaman dan kepemilikian lahan penanaman, ijin penebangan, hingga izin jual beli dengan perusahaan harus jelas hitam di atas putihnya. sehingga harus dipersiapkan semenjak penanaman..
      perusahaan biasa memiliki kriteria minimal kayu yang akan disurvei antara lain diameter minimal 20 cm, tinggi minimal 15 m, dan luas lahan minimal 20 Ha. jika berasal dari daerah di luar pulau, maka perlu perizinan lebih lanjut.
      terima kasih

  21. Assalamualaikum
    Yth Bapak Bapak yg sudah lama berkecimpung di dunia persengonan dan perjabonan, mohon sharing nih…saya ada sengon usia 5 tahun, jumlah 400 btg, lokasi di sekitar Malang Jawa Timur, berapa harga per pohonnya? diameter bervariasi, saya mesti jual kemana..?…hub: 085850757107
    Terimakasih.

  22. Pak kalo utk luas tanah yang tidak mencapai 20 ha, atau batang jabon yang sedikit kurang lebih >200 pohon, kemana kita mesti menjuaL? apakah tidak ada yang mau menampung batang jabon dalam jumlah yang sedikit?mohon informasinya. Terima kasih.

  23. aku mau nanya gimana pemasaran jabon di jawa tengah.di daerah wonosobo ada pohon jabon yang sudah berukuran diamter 30cm.ternyata belum ada yang mau menampung,alasannya kayunya terlalu lunak.mohon informasinya!

  24. saya pemula mau menanam 4 hektar jabon, tetapi disekitar saya banyak menanam ukuran 2,5 mx 2,5m. yang saya tanyakan apakah saya menanam dengan jarak 3mx3m sudah cukup ideal tidak kepadatan karena dibeberapa artikel saya baca jarak ideal 4×4 atau 4x5m. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  25. Mohon informasinya pemasaran kayu jabon untuk daerah Kota Prabumulih, Sumatera Selatan sekitarnya, bisa via hp 0856 9228 1081 (telpon or smsor missed calls)

  26. Kami memilki CV di Kendari Sulawesi Tenggara, Kami sedang memulai merintis penanaman Jabon, jujur saya membutuhkan Investor sehubungan dengan dana kami yang kurang cukup dalam memenuhi kebutuhan menjalankan usaha ini.
    Kami sudah memilki lahan seluas 70 Hektar.
    Mohon bantuanya bagi Investor yang berminat dalam usaha Kemitraan ini…
    Hubungi : 081 911 383 083 (Yopi Kurniawan)
    terimakasih sebelumnya….

  27. yok hijaukan bumi sekalian ifestasi jabon &jati solomon yg mau infes jabon lokasi di pelabuhan ratu,jonggol,puncak 2 sek cipanas kami mengelola hampir 300 h di 3 lokasi untuk sewa lahan 6 th 800 pohon jabon/h dengan infestasi 70 jt perkiraan minimal panen 5th sek 300 jt klo sekalian beli tanah per hektar pelabuhan ratu 10 rb/m.jonggol 15rb/m puncak bogor 15rb/m ket lebih lanjut di 081329751544 maz budy trimk

  28. saya menanam 1000 btg jabon di lampung timur. Rencananya mau nanam lg 1000. Karena pertumbuhannya sgt cepat. Br berumur 7bulan sdh sebesar lengan org dewasa. Tp saya msh ragu dgn pemasarannya. Apa lg dr awal saya tdk memakai surat2 apapun. Mhn pencerahan. Trims

  29. alhamdulillah,kami baru saja panen 4 pohon,harga 7 juta rupiah,sebelumnya kami selalu diberikan penawaran palsu tentang kayu jabon,hampir 10x,terakhir dari pekalongan ,begitu yang mengaku punya akan ditengok anggota kami di polres kajen,ybs kabur.setahu saya,kayu jabon yang asli sangat susah didapatkan,kalaupun ada di perhutani harganya sangat mahal…jabon-kendal.co.cc/2011/05/segarnya-laba-dari-panen-kayu-jabon.html

  30. saya di Riau, banyyak perusahaan kayu berskala besar disini. Pertanyaan saya apakah perusahaan kayu sebesar Indah Kiat dan Riau Pulp & Paper mau menampung kayu jabon yang hanya ditanam seluas 2 hektar? mohon pencerahaannya pak.

  31. Saya sudah menanam jabon sebanyak 20000 pohon sekitar 4 bulan lalu, di daerah banten, rencana dalam jangka pendek saya mau pasarkan, kira-kira kemana saya harus hub untuk pemasaran yang belum masuk masa panen, atas infonya saya ucapkan terimakasih

  32. Mohon informasinya Pak. Lahan saya berada di Langkat, Sumatera Utara. 2 jam dari Medan ke arah Aceh. Kira-kira penjualan kayu jabonnya kemana ya untuk di daerah saya. Terima Kasih atas informasi nya.

  33. saya sudah menanam jabon dan berumur 6 bln dan sekarang sudah 3 meter tingginya namun saya suka bingung bener ga harga jabon seperti yang di internet, dan temen -temen saya juga ada yang menanam jabon juga, tapi ada beberapa temen yang menanyakan bener ga harga jabon seperti yang digembar gemborkan selama ini, sudah ada belum petani jabon yang sudah menjual kayu jabon dan harganya seperti yang di beritakan akhir-akhir ini, mohon masukan, dan kalau benar harga jabon benar adanya bisa ga saya jadi penyalur pemasaran untuk temen-temen saya yg sudah menanamm jabon nanti kalau sudah waktunya tebang, utk wilayah cirebon utara .makasih

    • benar kami juga sedang usaha menanam jabon tapi bingung pemasaran atau calon penampungnya nanti ini gimana ?? saya di Bandar Lampung dan kebun kami ada di lampung selatan dan way kanan

  34. Pak, saya sangat tertarik dgn usaha tanam kayu jabon dan sengon setelah membaca informasi yg diberikan anda di Blog ini. .Apakah boleh share informasi cashflow budidaya kayu jabon dan budidaya dari pemilihan bibit, penyemaian sampai penebangan secara teknis. Cara pengatasan penyakit tanaman spt URET dll. Terimakasih

  35. di aceh banyak jabon yang tumbuh , di sepanjang perkebunan warga, yang memiliki diameter 25 cm, dan paling kecil 15 cm. kira-kira kemana saya bisa jual

  36. Bagaimana klu saya punya kayu jabon di sumatera barat (kota baru).gmn sy menjualnya?dan apa bisa sy jual langsung kepabrik kayu sikitar sumbar,riau atau jambi?sy takut dianggap ilegal loging.

    • tidak jadi masalah pak.
      prosedurnya untuk penjualan kayu cukup mudah. bapak tinggal mengurus SKAU (Surat Keterangan Asal Usul Kayu) dari kepala desa setempat. itu sudah cukup untuk membawa log yang bapak miliki ke lokasi pengolahan kayu. Kalau tidak bapak tinggal ajak pengusaha shawmil datang ke lokasi bpak dan mulai bernegosiasi, sebagai informasi harga log kayu di tempat (kebun) yang dibeli shawmil berkisar 600-700 ribu per kubik. jadi jangan terima kalau mereka minta harga yang lebih murah.

  37. Salam…
    Pak mohon informasi, di Aceh kemana kita bisa memasarkannya, terus terang saya sangat tertarik dengan penanaman jabon ini, sy jg melihat di Aceh sdh banyak sekali orang tanam jabon. mgkn kl pemasaran nya jelas, banyak rekan2 muda yg bs sy ajak utk berinvestasi di bidang ini. terima kasih seblmnya. Wasslam.

    • perkembangan diameter batang jabon bergantung pada perlakuan yang diterapkan pada pohon itu sendiri. namun skala penelitian yang dilakukan, jabon dalam kondisi tanah dan perawatan yang baik dapat tumbuh 10 cm per tahun. dengan kata lain dalam 7 tahun diameternya dapat mencapai 70 cm. namun dalam kenyataannya jabon tidak secepat itu, beberapa kasus ditemukan diameter batang mencapai 35 cm pada usia 5 tahun setelah tanam, atau sekitar 45-50 cm pada usia 7 tahun. karena jabon ini termasuk ke jenis fast growing tree, maka setelah usia 7 tahun kemampuan cepat tumbuhnya relatif berkurang relatif stagnasi, namun mulai memperkuat kualitas kayu.

  38. tolong testinya bagi yg udh jual/panen kayu jabon dsni, apa benar kayu jabon ini hrgnya tinggi sprti yg d gembor2kan d media online ??

    banyak tmn2 dsni kebingungan utk pemasaran termasuk sy nah…klo d palembang dmn sy mau menjual jabon ini ??

    thanks

  39. Saya dari kab. Luwu TImur, Sul-sel. Saya dan keluarga memiliki lahan sekitar 40 ha belum dikelola, saya mengajak mereka menanam Jabon, namun kami belum begitu yakin dengan prospek pemasarannya di daerah kami. Bisa dibantu informasix?

  40. Mohon rincian keuntungan dari budidaya pohon jabon pak, biasanya dalam 1 Ha menghasilkan keuntungan berapa?
    Soalnya saya memiliki tanah 40 ha didaerah Riau, sebelumnya lahan tersebut berisi tanaman sawit sampai skrng, kalau memang menguntungkan saya bisa beralih investasi ke tanaman pohon jabon..
    Dan untuk pemasarannya, apakah bapak tahu dimana penampungan di daerah Riau?
    Mohon informasinya dari bapak.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  41. Salam pak, saya ada lahan 200ha di sumatera barat, mohon dibantu pak apakah ada yg menampung di daerah tersebut atau memungkinkan tidak jika saya menanam disana dan memasarkannya di Jakarta(mengingat ongkos kirimnya)? bagaimana harga bibit dan untuk hitungan jualnya sekarang ini pak?apakah per batang, per meter kubik atau per ton? dan kisaran harga penjualannya bagaimana pak? mohon bantuannya pak, terima kasih..

  42. Saya berharap harga jabon stabil untuk 10 tahun ke depan. Saya tertarik kepada salah satu usulan yang mencoba untuk menyatukan ide dan lagkah petani jabon sehingga hasil produksi kayu harganya tidak dipermainkan. Kita harus mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Kita membentuk asosiasi petani jabon se Indonmesia. Anggotanya semua petani jabon Indonesia. Mungkin pusatnya bisa di kota saya Yogyakarta. Setiap tahun kita mengadakan pertemuan untuk sharing pengalaman, dan menyusun strategi menjaga stabilitas harga jual jabon.

  43. saya siap menampung log kayu jabon anda yg berada di jawabarat spec sbb
    diameter 25cm
    lingkar btg 100cm
    panjang 205cm
    setiap log maks cuma ada 3 bekas mata ranting
    kayu lurus.bila ada segera hub kami Rp.700.000/kubik
    1jt sampai gudang kami di karawang jabar.hub 081285983571

  44. salam,
    Pak mohon pencerahan, kalau di Palembang sum-sel, dimana ya kita mau memasarkannya, saya punya kebun 10ha, ada sekitar 6000 batang. tks

  45. saya punya jabon sekitar 50 pohon, umur 5 thn 6 bulan
    kira2 bisa menampung untuk penjualan partai kecil?soalnya cuma 50 pohon??

    apabila bisa menampung bisa hubungi saya

    indri – 08562127331.

  46. saya mempunya p[ohon jabon , saya mau menanyakan penampung atau pembeli pohon atau log jabon di daerah wilayah medan mas, mohon pencerahannya ya mas

  47. jabon saya setahun lagi panen, tapi saya ga punya kendaraan angkut dan izinya, bisa ambil ditempat saya…???ada sekitar 8.000 pohon umur 5-6 tahun…bisa ?

  48. Kami ingn menjual cepat kayu jabon sebanyak 2000 pohon. Usia 3-4tahun dengan diameter 15-20cm. Lokasi di Lampung Tengah. Harga 500rb/batang langsung tebang ditempat. Jika menunggu sampai usia pada tahun ke-6 harga 750rb/batang. Biaya operasi seperti penebangan, transportasi, pemeliharaan, perawatan,dll ditanggung oleh pembeli. Kami bersedia negosiasi untuk peminat yang serius dan selanjutnya dilegalkan dihadapan notaris. Kami menuggu konfirmmasi positif via email aliza_express@yahoo.com dan HP nomor 085280516787. Terimakasih.
    Aliza..

  49. ass. saya ada sekitar 600 pohon jabon, kurang lebih sudah 3 1/2 tahun,karena kebutuhan mendesak kiranya ada yang berminat.. posisi lahan saya ada di daerah bogor…

  50. utuk penjualan jabon di daerah lampung tengah kemana pk yah . . .2000pohon siap tebang usia 3thn diameter 30cm tinggi rata2 8s/d12 meter.sisytem borong.

  51. maaf mau tanya. penerima kayu jabon di bagan siapi-api dimana? pabrik kertas yg mau menerima kayu di bagan siapi-api atau yg terdekat dimn? bl ada sklian no kontaknya di pabrik tersebut. tx sblmnya.

  52. saya menanam jabon& sengon kecil2an. Cuman sekitar 400an kayu.
    Ternyata di Malang ( Jawa Timur ), jabon tidak seindah info2 diinternet. Disini muraaah banget harga jualnya. Beda bgt sama diinternet pokoknya.
    Saya kesulitan jualnya.
    Pengen jual ya segitu2nya dengan umur 3,5thn. Tapi kebanyakan perusahaan menampung ‘pemain besar’.
    Jadi males mau usaha kayu lagi :-(

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s