CARA PENYEMAIAN JABON

Cara menyemaikan benih jabon :
A. Pengecambahan benih
1. Sediakan media tempat kecambah (bak plastik) dan sungkup dari plastik
2. Media perkecambahan adalah
a. Campuran pasir halus dan tanah halus (1:1), disterilisasi dengan cara digoreng selama 2 jam. Untuk mendapatkan media pasir halus, pasir di ayak dengan ayakan berukuran mikro (ayakan nyamuk).
b. Campuran cocopeat (sabut kelapa yang sudah dicacah) dan arang sekaram (2:1). Keduanya dapat diperoleh/dibeli di toko-toko pertanian.
3. Sebelum benih ditabur, media disiram sampai jenuh. Bila perlu bak tabur ditutup dengan plastik transparan (sungkup).
4. Penaburan benih dapat dicampur dengan pasir halus agar penyebaran dalam bak kecambah merata. Perbandingan benih dengan pasir 2:1.
5. Biasanya benih mulai berkecambah setelah 7-15 hari setelah penaburan dan akan mulai merata setelah 30 hari.
6. Dalam satu bak kecambah ukuran 25 cm x 20 cm banyak biji yang ditabur cukup 1 sendok teh.
B. Pemeliharaan pada periode perkecambahan
1. Pemeliharaannya dilakukan dengan penyiraman. Setelah penyiraman pertama, penyiraman selanjutnya dilakukan setiap harinya (pagi dan sore) sampai minggu ke-10 / siap sapih ke polybag dengan ukuran bibit 5-10 cm dengan sprayer halus
2. Penyiraman menggunakan air biasa untuk setiap harinya dan menggunakan air biasa dicampur dengan fungisida DITHANE M-45 untuk setiap minggunya (1kali dalam semingggu). Untuk 1 liter air dicampur fungisida ¼ sendok Dithane M-45.
3. Media kecambah harus terkena cahaya matahari tetapi tidak secara langsung perlu naungan dari plastik / sungkup / rumah kaca. Kondisi media kecambah harus lembab dan basah jangan sampai kekeringan.  SYARAT YANG PALING PENTING.
4. Selanjutnya bibit dipindahkan ke polybag di persemaian.
5. Total waktu perkecambahan kurang lebih 1 bulan, total pemeliharaan setelah muncul kecambah 1,5 bulan hingga siap sapih. Jadi total waktu yang dibutuhkan untuk perkecambahan kurang lebih 2-3 bulan.
6. Bibit yang sudah dipindahkan ke polybag sangat cepat perkembangannya. 1 bulan bisa mencapai ukuran tinggi = 20-40 cm.
C. Penyapihan di persemaian
Penyapihan adalah pemindahan tanaman dari bak kecambah ke polybag. Kemudian polybag di tempatkan pada bedengan berukuran 5 m x 1 m yang ternaungi agar terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan.
1. Penyapihan dilakukan ketika kecambah telah memiliki 2-3 pasang daun atau telah mencapai tinggi 2-3 cm (usia 1,5-2 bulan).
2. Media sapih yang digunakan harus mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan tanaman yang kemudian ditempatkan dalam polybag
3. Media semai yang dipergunakan : ukuran polybag 10×15 cm.
4. Media bibit adalah
a. Media campuran pasir + tanah+ arang sekam (1:3:1) atau tanah + kompos (3:1).
b. Media campuran tanah (topsoil/permukaan), pasir dan pupuk kandang (7:2:1)
c. media campuran tanah, cocopeat, dan pasir (3:1:1), atau menggunakan campuran tanah dan arang sekam (1:1).
D. Pemeliharaan di bedeng sapih
1. Penyiraman secara rutin setiap hari menggunakan air biasa dan setiap minggu menggunakan air biasa dicampur dengan fungisida DITHANE M-45
2. Selain penyiraman dapat juga diberikan pemupukan yang dilakukan setelah bibit berumur 2 minggu dengan pupuk NPK cair (2-4gram/1liter air), atau dengan pupuk NPK padat 0,5 gram/bibit dengan jarak dari batang tanaman 3-5 cm (selebar tajuk tanaman).
3. Selain itu juga dapat dilakukan pemupukan dengan pupuk daun gandasil-D (dosis 1-2 gr untuk 1 liter air) setelah bibit berumur 3 bulan setelah penyapihan.
5. Pemberian penaungan tanaman dengan paranet dilakukan hingga bibit berumur ±4-5 bulan setelah penyapihan (tinggi ±30 cm). Ukuran paranet 30%, 40% ,50% atau 65%.
E. Penanaman di lapangan
Bibit siap tanam ketika batangnya cukup berkayu dengan tinggi 25-30 cm. Waktu penanaman dilakukan pada musim hujan dengan jarak tanam 3 m x3 m. Pemeliharaan di lapangan berupa pendangiran (penggemburan tanah), penyulaman (pada jabon yang mati), penyiangan (pembebasan dari rumput liar) dan pemupukan.

Ini merupakan hasil penelitian mahasiswa silvikultur IPB, Idham Fahmi, dan memiliki validitas yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan.
kontak lebih lanjut :
Idham Fahmi 085691701519
Jibril 085693060506

About these ads

58 thoughts on “CARA PENYEMAIAN JABON

  1. Mas Idham,,,,,
    saya menyemai jabon sudah hampir 2 minggu tetapi kecambah yg muncul hanya 2, tanpa mnggunakan sungkup,,,!!
    prtanyaan saya, seberapa besar pengaruh sungkup tersebut di dalam penyemaian jabon ???
    trims,,,
    email => rudi_be2nk@yahoo.com

    • Mas rudi, sungkup sangat diperlukan untuk perkecambahan jabon itu sendiri, kondisi media yang lembab dan hangat membuat benih cepat untuk berkecambah.
      apabila anda membuat banyak media, anda dapat menggunakan rak kayu tertutup plastik rapat sehingga dapat menampung media secara massal. untuk mempercepatnya, anda dapat meletakkan rak tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. benih dengan permeabilitas yang baik akan lebih cepat untuk berkecambah. Apabila cara tersebut masih belum membuahkan hasil, maka faktor terpentingnya adalah kualitas benih itu sendiri.
      selamat mencoba

    • pak yanto,bibit jabon masih belum ada yang bersertifikat, namun jika ingin mencari yang kultur jaringan memang sudah ada, namun produksi terbatas dan harga yang masih cukup tinggi.
      selain itu, kualitas kultur jaringan masih banyak dipertanyakan karena boleh jadi indukan yang diambil telah beberapa kali dilakukan kultur jaringan sehingga kualitas anakan pun menjadi rusak. hal ini pernah terjadi pada beberapa kasus, seperti kasus jati emas.
      hal ini membuat masyarakat lebih memilih bibit dari benih meskipun waktu dan proses yang diperlukan lebih lama dan panjang.
      semoga bermanfaat
      terima kasih,,
      idham dan jibril

  2. Mas idham & mas fahmi, Apakah setelah benih muncul, sungkup itu masih dipergunakan ?!
    klw memang masih di pergunakan sampai benih berumur berapa lama ?!
    thx,,,

    • slmt mlm pak,sungkup itu sudah benar2 tidak perlu dipergunakan ketika anda merasa pertumbuhan tanaman dalam media tersebut telah merata secara keseluruhan. untuk tanaman yang telah tumbuh merata,anda tinggal rawat dengan penyemprotan air dan pu2k secukupnya sampai bibit tersebut dpt disapih. hati2,anda harus sangat waspada trhadap serangan jamur,karena dapat membunuh bibit dalam waktu yang singkat,jadi penyemprotan fungisida sangat penting dilakukan.

      sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat

      On Wed Mar 17th, 2010 8:49 AM PDT

  3. Salam kenal mas..

    Beberapa jabon saya yang roboh pasca tanam, muncul 2 sampai 3 tunas baru yang tumbuh tegak pada bagian terdekan dengan pangkal batang. Apakah tunas baru ini dapat diandalkan untuk pertumbuhan jabon ybs atau dipangkas saja dan memperbaiki batang dengan menegakkan dan mengikat batang aslinya yang roboh itu?

    Terimakasih, salam,
    Heru

  4. Assalammu’alaikum,
    Mas idham, apakah benar unt memilah benih dari buah harus melalui proses penyaringan yang tertahan dengan ukuran saringan 250 micron unt mendapatkan hasil fisik & fisiologik Jabon yg baik nantinya?
    Wassalam..

    • mas fikar, ukntuk mengekstrak benmih jabon sehingga didapatkan benih yang utuh memang susah, banyak proses yang harus dilalui,sebagian orang menggunakan mesin khusus yang dapat mengekstrak buah menjadi benih yang utuh, namun untuk ekstraksi 80-90% saja sudah cukup baik apabila benih tersebut tidak rusak…
      terimakasih

    • mba diah, penyakit yang menjangkit pada jabon sejauh ini masih sama dengan tanaman cepat tumbuh lain, namun saat ini masih sangat jarang ditemukan.
      hama yang biasa menyerang jabon antara lain :
      ulat : muncul saat pembibitan maupun ketika telah ditanam di lapang, namun hama ini mudah diusir dengan penyemprotan insektisida dan pestisida yang umum digunakan.
      lundi : hewan ini berada di tanah, saat ini masih banyak ditemukan,, hewan ini memakan akar dari jabon, bahkan jika tidak diberi perlakuan, jabon dapat mati. namun dapat ditanggulangi dengan diberi furadan di sekitar akar, atau pada saat pembuatan lubang.
      untuk sementara hama ini yang paling sering muncul, sedangkan hama seperti belalang atau serangga lain, selama populasi mereka masih sedikit, maka tidak perlu terlalu dikhawatirkan.
      sekian informasi yang dapat kami berikan,jika mengalami kesulitan, silahkan hubngi kami lagi. selamat mencoba.
      terima kasih

    • mas sugiri, benih jabon merupakan salah satu benih yang memiliki masa dorman yang cukup panjang, sehingga perkecambahannya pun tidak dapat ditentukan dengan tepat. namun apabila mas memiliki benih yang viabilitasnya tinggi, atau baru dipanen dalam waktu dekat, maka kemungkinan tumbuh bersamanya lebih tinggi,mungkin dalam kasus mas sugiri benih tersebut telah tersimpan cukup lama,sehingga viabilitasnya telah berkurang dan berkecambah tidak bersamaan.namun menurut kami itu lebih baik karena dapat mempermudah penyapihan nantinya. karena kalau bersamaan semua maka tumbuhnya lama dan penyapihannya pun susah..
      sekian yang bisa kami bagi,,terima kasih telah mengisi blog kami.kalo ada kesulitan,silahkan hubungi kami lagi.
      terima kasih

    • pohon jabon ada dua macam,
      1. jabon putih
      jabon putih ini adalah jabon yang saat ini sedang banyak dikembangkan. umur panennya yang pendek (sekitar 5 tahun) membuatnya banyak dicari orang. selain itu, jabon putih ini dapat dijadikan tanaman konservasi, dan dapat tumbuh baik di berbagai daerah,termasuk lahan bekas tambang. sudah banyak artikel tentang jabon jenis ini, anda dapat mencarinya di internet maupun di buku-buku.
      2. jabon merah
      jabon ini setingkat dengan jati dan mahoni. kelas kuat dan tahannya mencapai 2 ddan 1. oleh karena kualitasnya yang baik, tanaman ini baru dapat dipanen sekitar umur 10-20 tahun. bibit yang tersedia pun masih mahal dan sulit didapat. untuk mendapat informasi lebi lanjut tentang tanaman ini, anda dapat email langsung ke alamat kami maupun hubungi via telepon.

      sekian, semoga bermanfaat. terima kasih

    • Anda bisa langsung menghubungi kami di 081398846803 atau 085693060506.
      kami menyediakan 2 kgs benih jabon dengan fiabilitas (daya perkecambahan) 90%.
      minimal pemesanan 200gr dengan harga Rp 150.000,- / 100gr
      fasilitas : buku panduan dari awal perkecambahan – penyapihan.

    • mungkin pada awal penebaran benih, anda menebar terlalu banyak, sehingga ketika tumbuh secara bersamaan, tanaman tersebut memperebutkan ruang untuk perakaran, sehingga masa perkecambahan lebih lama.
      pada umunya, tanaman dapat mencapai tingi 4-5 cm dalam 2 bulan setelah perkecambahan, namun jika perakaranya terhambat, akan memakanwaktu lebih lama.
      jalan terbaik adalahmenunggu hingga terjadi perbedaan pertumbuhan awal, sehingga anda dapat segera menyapih sebagian diantaranya dan menungguuntuk pertumbuhan berikutnya.
      terima kasih.

  5. saya telah menyemai bibit jabon,tapi tidak tahu apakah yang saya semai itu jabon putih atau jabon merah. bagai mana perbedaan ciri fisiknya ?,umur kecambah 1 1/2 bulan , apakah bisa diketahui perbedaan dari bibit saya ini ?.
    bibit telah tumbuh walau tdk merata apakah bibit yang kecil-kecil dibanding yang lain ini bisa dipelihara dan kemudian juga menjadi bibit yang lebih ideal seperti bibit yang lebih dahulu besar dalam persemaian ?
    terima kasih

    • benih jabon putih nampak lebih kehitaman dibanding dengan jabon merah. sedangkan jabon merah warnanya lebih kemerahan. untuk ukuran, relatif sama antara jabon merah dan putih.
      untuk jabon merah, masa perkecambahannya relatif lebih lama dibanding jabon putih, namun jika sudah terlihat, maka kecambah dapat dibedakan jika telah memiliki 4 daun,,secara fisik, daun jabon merah berbulu seperti jati dan jabon putih relatif tidak berbulu.
      untuk bibit-bibit yang kecil akan kembali tumbuh ideal jika telah dilakukan penyapihan tahap I, maka perakaran akan lebih luas sehinggaakan tumbuh normal kembali.
      terima kasih

  6. Mas Idham, saya sedang semai benih jabon pada media tanah campur pasir, dengan sungkup atap plastik ketinggian dari tanah 1,2 m (bentuk atap plastik) dan terletak di halaman rumah (kena sinar matahari terik setiap hari). saya sudah tabur benih +/- 16 hari, tetapi belum ada muncul bibit yg tumbuh. Setiap sore media saya siram dengan menggunakan spray tabung. Benih yg saya tabur, sebelumnya telah tersimpan di dalam botol selama +/- 4 bulan. Menurut Mas Idham masih ada kemungkinan benih tsb. tumbuh?? atau ada hal lain yg hrs saya lakukan lagi, atau masih harus menunggu beberapa hari lagi untuk benih tsb tumbuh???
    mohon tanggapannya, tks

  7. saya punya lahan 10 hektar, ingin sekali menanam pohon jabon karena lokasi/tempat disulawesi tengah-tolitoli sangat susah transpornya untuk membeli bibit jabon,perjalanan 25 hari baru tiba ditempat. Hanya satu solusi membeli benih jabon tetapi saya tidak tahu cara pembibitannya mohon bantuan dan informasinya. thank by lany gosal

    • mohon maaf pak,, untuk saat ini kami tidak memiliki stok untuk benih…
      mungkin lain waktu bisa kami infokan.

      saran kami bapak mengajak masyarakat dan pemerintah sekitar untuk membudidayakan tanaman jabon, hal ini dapat memungkinkan anda untuk dapat mengembangkan usaha pembibitan di daerah tersebut. dan apabila disetujui pemerintah setempat, maka anda akan lebih mudah untuk membudidayakan pohon jabon dalam jumlah besar serta memudahkan anda dalam memasarkan log kayu ke pabrik maupun sawmil setempat.
      jika dibutuhkan bantuan berupa pelatihan maupun suplai bibit, semoga kami dapat membantu. terima kasih

    • untuk stok benih kebetulan saat ini ada, yang grade A pak,,kam sertakan tutorial dan foto yang mendukung, serta konsultasi secara langsung dan tidak langsung.
      untuk informasi lebih lanjut, bisa kontak kami di no 081319169150 / 085693060506
      terima kasih

  8. mohon info kelebihan dan kekurangan antara Jabon dan jati putih (gmelina), karena petani bingung antara kedua tanaman kayu tersebut. terimakasih.

    • sebelumnya terima kasih telah memberikan pertanyaan.
      tanaman jabon dan jati putih (gmelina) tentu memiliki beberapa perbedaan yang cukup nyata, meskipun keduanya termasuk ke dalam klasifikasi tanaman cepat tumbuh (fast growing tree).
      dari bentuk daun, jabon lebih lebar saat tumbuh rendah, namun setelah tumbuh lebih dari 15 meter, daunnya akan secara otomatis mengecil. sedangkan daun gmelina akan sama dari tumbuh kecil hingga tumbuh tinggi.
      dari bentuk batang, maka batang jabon sering digunakan sebagai bahan papan partikel, plywood, kayu lapis, dan furnitur, sedangkan tanaman gmelina sering digunakan sebagai bubur kertas, karena seratnya yang lebih halus.
      untuk hasil kayu di beberapa pabrik/ perusahaan, kedua tanaman ini dihargai sama, yaitu sekitar 600-850rb per kubiknya.
      sekian dulu jawaban dari kami, jika ada kesalahan, mohon diperbaiki karena kami juga masih dalam tahap belajar. terima kasih

  9. Aww ana pingin sekali nanam Jabon di Kampung ana banyak pohon jabon ana mau nanya cara memilih buah jabon untuk bibit apa kita ambil buah jabon yang jatuh jatuh dari pohon2 besar lau cara ektrasinya gimana wassalam

  10. As. Mas Idham n mas Jibril..terima kasih banyak atas hasil uji coba dari penelitiannya. Sampai sebelum menemukan blog ini, saya lom punya pegangan yg pasti. Btw..ada benih/biji jabon coklat n putihnya ga ? Saya mau beli..ya..dalam jumlah yang minimal saja. Salam, Wahyu.

  11. bagaimana cara menyemai ditanah gambut?
    apakah pohon jabon dapat tumbuh dengan baik dan normal seperti di tanah merah?
    terima kasih dan mohon pencerahannya mas

  12. Dikampung saya sudah ada jabon yang banyak berbuah, apakah buah tersebut bisa disemai? trus buahnya tuh kan sebesar jeruk siem itu stu biji ato banyak biji ya, makasih mas

  13. saya sedang belajar menanam jabon putih, dan kecambahnya sudah tumbuh tapi lama kelamaan bukannya tambah besar malah makin mengecil dan banyak yang mati…apakah ada penanganan khusus seperti diberi pupuk NPK/ klo iya berapa kira2 dosisnya…karena saya takut kalo terlalu banyak memberikan pupuk malah akan mengakibatkan kematian apalgi itu masih dalam stadia perkecambahan. kalo dikasih vitamin, vitaminnya apa ya? tks.

  14. Saya ingin mencoba penyemaian jabon (baru pertama kali)….dr keterangan penyemaian di atas bagaimana cara menggoreng/merebus/menjemur biji jabonnya, agar cepat jd ecambah?? terima kasih…..

  15. Salam kenal,
    kami berencana mau mengembangkan jabon di daerah kami, namun kami masih ragu mau nanam bibit dari biji atau stek ? Mohon penjelasannya apa kerugian dan keuntungan bibit jabon dari keduanya tsb. Tks sblmnya.

    • Kami belum pernah mengembangkan bibit dengan cara stek pak. Tapi sejatinya tanaman baru hasil stek memiliki umur dan perkembangan yang sama dengan sumber indukan, sehingga tentu bila dibudidayakan akan berbeda pertumbuhannya dengan yang berasal dari benih. Namun perlu diketahui juga bahwa benih yang dipilih haruslah diketahui induk penghasil benih itu sendiri. Biasanya tanaman yang berumur kurang dari 10 tahun masih kurang baik bila dijadikan sumber benih.
      Sekian.
      Terima kasih

  16. Pak idham sy mau tanya apa reaksi kecambah apabila tdk memakai naungan atau terkena sinar matahari dan hujan secara langsung?
    Tlg blsanya

  17. Pak saya punya 2500. batang pohon albasia lingkarannya rata rata 115cm. Tingginya 12 meter Didaerh subang kemana kami jual nya. dan berapa harganya kurang lebih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s